/ kawalmedia.id

Kenapa Saya Berkontribusi di Kawalmedia.id?

Kawalmedia.id adalah open source software project dan tidak berafiliasi dengan kawalpilkada.id ataupun kawalpemilu.org.

FYI, projek kawalmedia.id, yang sekarang sedang saya dan beberapa orang teman saya kerjakan, merupakan kelanjutan dari sebuah projek bernama Rojak, yang sempat booming sekitar akhir tahun 2016 lalu. Rojak merupakan salah satu projek open source yang saat itu cukup mendapatkan perhatian dari developer-developer di Indonesia. Misinya adalah membuat sebuah website yang mampu memberikan informasi tentang bagaimana sentimen pemberitaan oleh website berita online di Indonesia terhadap kandidat yang berkompetisi di pemilu gubernur DKI Jakarta waktu itu. Projek ini hadir dengan nuansa yang sedikit berbeda. Rojak mencoba untuk menggunakan algoritma machine learning untuk menentukan sentimen artikel berita di beberapa media. Meskipun saat itu algoritma tersebut sudah mampu memberikan hasil analisis, namun sayangnya salah satu komponen penting dari projek ini tidak mampu diselesaikan dengan baik sehingga akhirnya pengembangan projek ini pun harus terhenti. Komponen itu adalah UI. No User Interface means no users.

Saya menyadari bahwa saat itu pengembangan projek ini memang tidak memiliki arah pengembangan yang jelas. Tidak ada user requirement ataupun user research mengenai informasi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat. Hype dan technology driven adalah alasan kuat kenapa projek ini berjalan. Dan setelah itu? Di pengembangan kawalmedia.id, hal ini adalah hal paling awal yang kami kerjakan sebelum kami benar-benar memulai pengembangan piranti lunak. Harapannya, dengan ada user requierement yang lebih jelas, semua orang dapat memberikan masukan dan dapat berkontribusi secara terarah.

Projek ini memiliki tujuan positif. Rojak adalah bentuk kegelisahan sekelompok orang terhadap pemberitaan media-media yang terkadang tidak netral dan cenderung memihak pada suatu organisasi atau seseorang demi mendapatkan keuntungan pribadi. Harapan dengan adanya projek ini adalah agar masyarakat dapat tercerdaskan dalam membaca berita-berita yang di muat di media online. Jika kita tahu bahwa media yang sedang kita baca memiliki potensi untuk cenderung memihak seseorang atau satu kelompok, tentu harapannya kita akan menjadi lebih hati-hati dalam membaca dan memaknai berita tersebut.

Disisi lain, saya pribadi memiliki harapan besar bahwa dengan adanya kawalmedia.id yang dibuat sebagai projek open source, kami dapat menstimulus developer-developer di Indonesia untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam mengambangkan software yang dapat digunakan untuk kepentingan orang banyak. Kontribusi tidak selalu harus dalam bentuk materi, tetapi bisa dalam bentuk sebaris atau dua baris kode pemograman atau cuma sekedar bug report atau saran perbaikan.

Kami menunggu partisipasi aktif anda, para developer-developer di Indonesia, untuk turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan piranti lunak kawalmedia.id!

Happy Hacktoberfest! Happy coding!